Divisi dan Jobdescription #IslamicFestival2014


Assalaamu'alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Salam semangat teman-teman semua yang sedang berkunjung ke website Islamic Festival with Komunitas ACI, tingkatkan selalu 3AT kita, niAT, giAT, semangAT agar senantiasa menjadi hamba-hamba-Nya yang bermanfaat ^,^

Dalam suatu penyelenggaraan event-event atau acara akan banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan oleh panitia agar event yang direncanakan dapat diselenggarakan dan juga tentunya bisa berjalan dengan baik dan mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan ini ternyata tidak seimbang dengan kemampuan manusia yang memang memiliki batasan, baik dalam segi tenaga, ide, dan terutama waktu. Bukankah manusia itu bisa melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan atau yang disebut dengan istilah multi-tasking? Iya, ada beberapa manusia yang bisa melakukan apa yang kita sebut dengan multi-tasking, namun hal ini memiliki kekurangan, yaitu tidak fokusnya kinerja yang diberikan karena harus melakukan banyak hal. Alhasil, semua bisa dikerjakan namun hasilnya tidak optimal dan maksimal.
Nah, begitu pun dalam penyelenggaraan Islamic Festival 2014 with Komunitas ACI ini, karena event yang direncanakan ini cukup besar skalanya, maka dibutuhkan juga banyak tenaga volunteer untuk membantu menjalankan event ini. Selain itu dibagi juga kepada bagian-bagian atau divisi-divisi agar para volunteer dapat bekerja dengan fokus, dan event ini bisa berhasil dengan optimal dan maksimal. Apa saja divisi dan juga penjelasan kerja masing-masing divisi? Yuk cek!

1. Div. Kesekretariatan
Divisi Kesekretariatan ini mengurusi bagian dalam membuat surat-menyurat, baik itu membuat surat izin peminjaman tempat dan barang, surat pengajuan bertemu dengan tokoh, membuat database peserta, dan segala berkas yang terkait dengan acara Islamic Festival 2014 with Komunitas ACI.

2. Div. Sponsorship
Dari nama divisinya saja sudah ketahuan deh apa tugas dari divisi ini. Betul sekali, tugas dari divisi ini adalah mencari sponsor-sponsor yang mau mendukung terselenggaranya Islamic Festival 2014 with Komunitas ACI, baik dalam bentuk dukungan pengadaan barang, ataupun bentuk sponsor yang berupa dana uang. Event yang besar tentunya memerlukan dana yang juga besar, oleh karena itu diperlukan sponsor-sponsor yang siap mendukung, tentunya akan ada kesepakatan yang dibuat agar bisa saling menguntungkan satu sama lain pihak.

3. Div. Talent
Talent atau pengisi acara ini juga manusia, sob. Mereka bukan dewa yang tidak membutuhkan apa-apa. Mereka ada kebutuhan yang harus dipenuhi, kadang kala kebutuhannya juga ada yang khusus. Nah, itulah nanti tugas dari divisi ini, yaitu mengurus keperluan pembicara sebagai LO (License Officer, ada yang menyebutnya juga Leader Officer), mereka yang nanti menemani pembicara selama acara, dan juga yang nanti dihubungi oleh pihak pembicara. Menemani orang yang hebat pasti seru ya sob? Buruan daftar Volunteer!

4. Div. Venue & Logistik
'Membuat site plan acara', site plan? apa sih itu? Mereka yang berada di divisi ini nanti yang merencanakan tata ruang untuk acara, dimana letak nanti ruang panitia, di sebelah mana bagian untuk ruang pembicara, di bagian mana toilet yang memadai, toilet ini bukan hal yang sepele loh, karena toilet yang tidak memadai baik terutama dari segi kebersihan bisa memberi nilai negatif pada acara juga, dan juga nanti mereka yang akan mengurus dekorasi ruang.

5. Div. Registrasi
Pasti sudah paham ya apa tugas dari divisi ini? Divisi registrasi ini tugasnya mengurus pendaftaran peserta yang akan ikut event. Mulai dari menjadi contact person yang akan dihubungi oleh peserta, lalu membuat daftar peserta juga, dan yang penting, harus siap banget kalau nomornya sering dihubungi. Sepertinya sih divisi ini nih paling cocok buat jomblo-jomblo yang hapenya sepi, jarang ada yang menghubungi gitu deh, ups.

6. Div. Exhibitor
Nah, divisi yang satu ini nih sepertinya masih jarang yang tahu, benar apa betul? Apa sih tugasnya dari divisi exhibitor itu? Sedikit bocoran nih, #IslamicFestival2014 with Komunitas ACI ini akan ada booth-booth dari teman-teman komunitas yang tergabung di Komunitas Aku Cinta Islam (ACI), nah selain itu, akan ada juga baazar untuk jualan juga, nah teman-teman yang masuk divisi ini yang nanti mengurusi itu semua, dan jadi koordinatornya, jelas ya?

7. Div. HPD (Humas, Publikasi dan Dokumentasi
Divisi ini yang nantinya bertugas untuk menghubungi media partner yang terkait dalam event #IslamicFestival2014 with Komunitas ACI ini, lalu juga menyusun strategi publikasi yang ciamik agar bisa banyak mendatangkan peserta, sehingga event ini pun bisa berjalan dengan amat sangat sukses! Dan terakhir adalah dokumentasi, tugasnya tentu saja mendokumentasikan setiap jengkal acara untuk menjadi kenang-kenangan yang manis untuk diingat, baik itu dengan cara mengambil foto, maupun dengan merekamnya.

dan terakhir adalah divisi...
 
8. Div. F&B (Food & Beverages)
Divisi ini mengurus keperluan konsumsi selama acara, pembicara dan panitia serta peserta itu kan pasti perlu makan dan minum, tugasnya divisi ini lah yang mengatur itu semua dan memastikan tidak ada yang kekurangan konsumsi, karena bagaimana pun setiap orang perlu asupan makanan hehehe.

 
Sudah 8 divisi Ifest jelaskan di web ini, sudah dapat gambaran divisi yang mana yang pas dan sesuai dengan minat dan kemampuan kamu? 
Segera daftarkan diri kamu untuk  
#JoinVolunteer #IslamicFestival2014 with Komunitas ACI ini. 
Kirim CV dan foto kamu ke email kami festival(dot)islamic(dot)co(dot)id , ditunggu sampai dengan tanggal 20 Februari 2014 ^,^

Apa saja syarat untuk #JoinVolunteer #IslamicFestival2014 
 with Komunitas ACI? 
 

Jangan lupa juga untuk memfollow akun twitter kami di @IslamicFest_ID dan juga Like Fanpage kami di Islamic Festival :)


Islamic Festival 2014 with Komunitas ACI akan diadakan bulan Juni 2014, bagaimana acaranya dan ada apa saja? simak terus di twitter dan FP kami!

Wassalaamu'alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh.

0 komentar:

Event of The Year

Event of The Year

notes :

Sebuah acara spektakuler bertabur inspirasi berbalut semangat islam. Sebuah event besar yang akan diisi oleh banyak pembicara terkenal serta inspiratif, bukan hanya satu pembicara, melainkan akan dihadiri oleh lebih dari 5 pembicara hebat! Sebuah event yang tidak hanya memberikan banyak wawasan keislaman, namun juga akan memberikan banyak pertunjukkan yang menakjubkan!